Wisata Puri: Strategi Memasarkan Bali sebagai Educational Tourism Destination

  • I Nyoman Sudiarta Sudiarta Program Studi Industri Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud
  • Oka Karini PS.Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Unud
  • Juwita Sari PS.Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Unud
Kata Kunci: wisata puri, strategi pemasaran, pariwisata pendidikan, destinasi

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis wisata puri dari aspek pemasaran (aspek potensi /produk dan wisatawan/pasar) untuk membangun konsep baru Bali sebagai Destinasi Pariwisata Pendidikan. Penelitian ini dimulai dengan melakukan studi pustaka untuk mengetahui potensi wisata puri dari berbagai jurnal, proseding dan buku referensi dengan mencari pada mesin google search terkait dengan “wisata puri” “heritage tourism”, “education tourism”. Kedua, dilakukan studi pustaka terkait dengan potensi wisata puri dunia melalui google search dan dilanjutkan studi lapangan melihat langsung kondisi puri yang ada di Bali. Selanjutkan disebarkan kuesioner kepada wisatawan yang berasal dari Eropa dan Indonesia untuk mengetahui tentang persepsi mereka terhadap wisata puri yang ada di Bali. Jumlah sampel wisatawan manacanegara yang berasal dari Eropa dan Amerika diambil sebanyak 50 wisatawan namun hanya diperoleh 37 wisatawan, termasuk wisatawan Nusantara, hal ini disebabkan adanya pandemic Covid 1,  sehingga hanya 37 wisatawan yang diperoleh. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan potensi dan strategi pemasaran yang dilakukan untuk menjadikan Bali sebagai Educatioal tourism Destination. Strategi pemasaran yang harus dilakukan sesuai dengan hasil penelitian ini adalah strategi agresif dengan cara memasarkan melalui media online dan menambah aktifitas something to do bagi wisatawan dan masyarakat.

Diterbitkan
2022-05-04
Bagian
Articles