PERSEPSI MAHASISWA PERHOTELAN AKADEMI PARIWISATA DENPASAR TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DAN BAHASA INGGRIS

  • Ni Putu Sri Utami Putri Akademi Pariwisata Denpasar
  • Eka Anastasia Wijaya Akademi Pariwisata Denpasar
Kata Kunci: persepsi, pembelajaran, bahasa Jepang, bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa D3 Perhotelan Akademi Pariwisata Denpasar terhadap pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Jepang dan bahasa Inggris agar dapat memaksimalkan proses pembelajaran bahasa asing. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif, penelitian ini mengaplikasikan metode observasi, survei, dan wawancara beserta lembar observasi, kuesioner, dan pedoman wawancara sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa D3 Perhotelan Akademi Pariwisata Denpasar terhadap pembelajaran bahasa asing yaitu bahasa Jepang dianggap lebih sulit dibandingkan bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa menemukan lebih banyak tantangan dalam hal menulis dan pelafalan ketika mempelajari bahasa Jepang. Selain itu, pembelajaran bahasa Inggris didapatkan sejak jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi yang membuat mahasiswa familier terhadap bahasa Inggris. Namun, bahasa Jepang dipelajari hanya pada jenjang pendidikan tinggi dan pengaplikasian bahasa Jepang di kehidupan sehari-hari cenderung terbatas. Hal tersebut mengindikasikan bahwa terbatasnya pembelajaran bahasa asing selain bahasa Inggris berpengaruh besar terhadap persepsi dalam mempelajari suatu bahasa asing.

Referensi

Abdullah, M. A. R., Hussin, S. 2021. Percep-tion and Expectation of Elective Japanese Language Learners in Malaysian Higher Edu-cation Instituion: A Case Study. International Journal of Education, 13(3).

Alamsyah. 2023. Strategi Efektif dalam Pembelajaran Bahasa Asing. CV Ananta Vidya.

Astawa, I. G., Wijaya, E. A. 2024. English Proficiency and Cultural Competence for Tourism Professionals in The Globalized Tourism Industry. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 4(2).

Budasi, I. G., Ratminingsih, N. M., Agustini, K., Risadi, M. Y. 2020. Power Point Game, Motivation, Achievement: The Impact and Students’ Perception. International Journal of Instruction, 13(4).

Fikra, W., Hilmi, L. 2023. Students’ Percep-tion on English Camp Program in MA Female Ar-Risalah Islamic Boarding School toward Their Speaking Skill Development. Journal of English Language Teaching, 12(4).

Frayoga, D. N., Apriliana, S. R., Zahra, A. D. 2024. Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di Ke-las. Karimah Tauhid, 3(3).

Hafrizal, Kasim, U., Samad, I. A. 2021. Stu-dents’ Perception toward English Subject and Their Learning Outcome. English Educa-tion Journal, 12(3).

Hancock, D.R., Algozzine, R., 2006. Doing Case Study Research: A Practical Guide for Beginning Researchers.

Iftanti, E., Maunah, B. 2021. Belief, Percep-tion, and Challenges of Non English Depart-ment Students to Learn English in Globaliza-tion Era. Indonesian EFL Journal, 7(1).

Jaohari, A. L., Kuraesin, U. 2021. How Anime Accelerates Japanese Learning (Study on Student of Japanese Language Depart-ment). Rigeo, 11(6).

Nurseptiani, S., Oesman, A. M. 2022. Per-sepsi Siswa terhadap Media Pembelajaran Bahasa Jepang berbasis Video YouTube. JPBJ, 8(3).

Pramesti, P. D. M. Y., Launingtia, I. G. A. N. 2024. Analisis Pembelajaran Bahasa Jepang Pariwisata pada Level Pemula (Studi Kasus di D4 Kombispro Universitas Pendidikan Ganesha). Proceeding of Seminar Nasional Riset Linguistik dan Pengajaran Bahasa (SENARILIP VIII).

Reswari, G. P. A. 2020. Bahasa Jepang vs Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing dalam Persepsi Mahasiswa Indonesia. Kiryoku, 4(2).

Royani, A., Alawiyah, N. L. 2021. Manfaat Analisis Linguistik Kontrastif dalam Pem-belajaran Bahasa Arab. Seminar Nasional Ku-rikulum Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Berbasis Integrasi Keilmuan di Ma-sa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Suminar, R., Gunawan, M. H. 2024. World Englishes in English Language Teaching (ELT): Students’ Perceptions. ELTIN Jour-nal, 12(2).

Suyadi., Aisyah, S. 2021. Students’ Percep-tion on Learning English for Law Faculty Students at University of Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3).

Wijaya, E. A., Wisnuwardhana, P. B., Upadana, I. B. G. Putri, A. A. S. A. S. 2022. The Student Employees’ English Language Skills at Denpasar Academy of Tourism. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 3(1).

Wulandari, R. A., Rosnaningsih, A., Sinta-wati, F. 2021. Students’ Perceptions towards Native and Non-Native English Speaker Teachers. ETERNAL, 12(2).

Diterbitkan
2024-11-28
Bagian
Articles